berita-online.id , Otomotif – BMW Motorrad resmi meluncurkan R 1300 R Titan, motor kustom bergaya dragster ekstrem yang dirancang khusus untuk keperluan balap lintasan lurus atau drag race. Mengadopsi basis roadster BMW R 1300 R, motor ini hadir dengan sederet ubahan radikal yang menjadikannya mesin balap sejati.
Berbeda dari motor modifikasi pada umumnya, R 1300 R Titan dirancang secara menyeluruh oleh tim khusus dengan satu tujuan utama: mencapai kecepatan maksimal dalam lintasan lurus.
Salah satu perubahan paling mencolok terlihat pada bodi motor yang kini menggunakan material forged carbon atau karbon tempa—ringan, kokoh, dan berdesain aerodinamis. Elemen saluran udara besar dan filter terbuka di kedua sisi turut mempertegas karakternya sebagai dragster.
Dari sisi ergonomi, konfigurasi berkendara juga mengalami penyesuaian signifikan. Penggunaan setang rendah model clip-on dan pijakan kaki (footstep) yang ditempatkan jauh ke belakang menciptakan posisi berkendara membungkuk khas motor balap. Sementara itu, layar digital TFT dipindahkan ke atas tangki bahan bakar guna memperkuat nuansa kompetitif.
Meski sektor mesin masih mengandalkan unit boxer 1.300 cc bawaan BMW tanpa ubahan internal, Titan disempurnakan dengan sistem nitrous oxide (NOS) yang diposisikan di antara dua knalpot bawah jok. Fitur ini memungkinkan dorongan tenaga instan saat dibutuhkan, seperti pada kendaraan drag race profesional.
Untuk sistem pembuangan, BMW bekerja sama dengan Akrapovic menghadirkan knalpot full titanium yang tak hanya ringan, namun juga menghasilkan suara agresif yang sesuai dengan karakter buas R 1300 R Titan.
Sasis dan Suspensi Rancang Ulang, Siap Tancap Gas Maksimal
:strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/5280874/original/074826000_1752290696-bmw-r-1300-r-titan-is-a-motorrad-sprint-racer-brute-feeding-on-nitrous-oxide_10.jpg)
BMW R 1300 R Titan mengusung sasis monokok khusus buatan Wilbers serta swingarm tunggal yang diperpanjang, menciptakan postur motor yang ceper dan agresif khas dragster. Distribusi bobot difokuskan ke bagian depan, didukung penyetelan ulang pada suspensi bawah untuk memastikan roda depan tetap menapak meski dalam akselerasi ekstrem.
Untuk menunjang performa di lintasan, Titan dibekali ban Metzeler Racetec RR yang dikenal akan daya cengkeramnya yang tinggi. Sementara sistem pengereman mengandalkan tuas Magura HC3, memberikan kontrol yang presisi saat melaju dalam kecepatan tinggi.
Murni untuk Drag Race, Bukan untuk Jalan Raya
Titan dirancang murni untuk keperluan balap dan tidak diperuntukkan bagi penggunaan harian. Meskipun dibangun dari platform roadster BMW R 1300 R, hampir seluruh komponen bawaan telah digantikan dengan konfigurasi khusus lintasan. Kenyamanan berkendara di jalan raya pun nyaris tidak tersisa.
Hingga kini belum ada keterangan resmi mengenai harga maupun kemungkinan ketersediaan unit untuk pasar umum. Namun, kehadiran Titan menjadi pernyataan kuat dari BMW Motorrad dalam memperlihatkan batas maksimal teknologi mereka di segmen kendaraan roda dua performa tinggi.






